Masalah Penamaan Organisasi Riset Operasi Nasional

Sebagaimana terlihat dari nama-nama ke-49 organisasi Riset Operasi nasional di dunia, dapatlah dengan mudah diketahui bahwa pada umumnya organisasi Riset Operasi nasional diberi nama dalam dua bahasa: bahasa nasional dan bahasa internasional. 

Bagaimana dengan Kanada dan Swiss, negara yang memiliki, masing-masing, dua dan tiga bahasa nasional, yang kesemuanya juga bahasa internasional ?

Tentu saja, kalau bahasa nasionalnya sudah menjadi bahasa internasional, seperti bahasa Inggris, bahasa Italia, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Portugis, dan bahasa Spanyol, maka organisasi nasionalnya hanya akan memiliki satu nama.

Kanada, negara yang menetapkan bahasa Inggris dan bahasa Perancis sebagai bahasa nasionalnya, memiliki dua nama untuk organisasi profesi Riset Operasi nasionalnya, sama seperti negara-negara lain yang bahasa nasionalnya bukan salah satu dari bahasa-bahasa internasional. 

Sementara Swiss, negara yang memiliki tiga bahasa nasional, yang kesemuanya juga bahasa internasional: bahasa Italia, bahasa Jerman, dan bahasa Perancis, tentu memberi nama organisasi nasionalnya dalam tiga bahasa tersebut. Perhatikan namanya dalam ketiga bahasa itu, plus dalam bahasa Inggris, di bawah ini, dengan singkatan namanya di dalam tanda kurung.

  • dalam bahasa Jerman : Schweizerische Vereinigung für Operations Research (SVOR)
  • dalam bahasa Perancis : Association Suisse de Recherche Operationnelle (ASRO)
  • dalam bahasa Italia : Associazione Svizzera di Ricerca Operativa (ASRO)
  • dalam bahasa Inggris : Swiss Operations Research Society (SORS)

Namun dalam web site resminya, singkatan resmi yang digunakan adalah SVOR/ASRO, di mana singkatan yang terakhir, entah kebetulan atau disengaja, merupakan singkatan nama dalam bahasa Perancis dan sekaligus dalam bahasa Italia !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s