Edelman Award – Piala Oscarnya Riset Operasi

Piala Oscar, yang sejatinya merupakan penghargaan tertinggi untuk insan perfilman di Amerika Serikat, telah menjelma menjadi yang bergengsi di seantero jagat. Ini tidak terlepas dari gegap gempitanya pagelaran pengumuman para pemenang dan sekaligus penyerahan Piala Oscar, yang memang dihadiri oleh para selebritis terkenal.

Bagaimana dengan  penghargaan untuk insan yang berkecimpung di bidang Riset Operasi ? Edelman Award, atau lengkapnya The Franz Edelman Award, adalah salah satu jawabannya.

Siapakah itu Franz Edelman, yang namanya diabadikan untuk penghargaan di bidang penerapan RO ? Mengapa penghargaan ini lalu dikatakan sebagai Piala Oscar-nya Riset Operasi ?

Edelman Award, atau lengkapnya the Franz Edelman Award, adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan oleh INFORMS dengan tujuan sebagai berikut.

The purpose of the Franz Edelman competition is to call out, recognize and reward outstanding examples of management science and operations research practice in the world.

Hadiah pertama berupa uang senilai $10,000.

Siapakah Franz Edelmann ?

Franz Edelman

Saat berusia 16 tahun, Franz Edelman meninggalkan tanah leluhur, Jerman, ke Inggris sebelum pindah ke Kanada. Setelah menyelesaikan undergraduate di McGill University dan Ph.D di bidang matematika terapan dari Brown University, Franz bergabung dengan perusahaan RCA sebagai insinyur. Di sini, Franz mendalami computational problems dan menekankan penggunaan komputer dalam analisis.

Franz membangun the Operations Research Group (salah satu dari organisasi OR awal di Amerika Utara) dan menjadi direktur Riset Operasi, yang selalu menyeimbangkan analisis dan sistem komputer untuk memperoleh keuntungan dari keduanya.

Di samping itu, Franz mampu memainkan peran kepemimpinan dalam pelbagai spektrum aktivitis: komunitas, profesional, pendidikan dan keagamaan. Hal inilah yang mengakibatkan banyak orang datang kepadanya untuk meminta bantuan dan bimbingan.

Franz pensiun dari RCA setelah 30 tahun bekerja, untuk kemudian menjadi staff wakil presiden untuk Sistem Bisnis dan Analisis  guna mengorganisasikan Edelman Associates. Pengalamannya bekerja di RCA dirangkum dalam sebuah artikel berjudul “Managers, Computers, and Productivity“, yang memperoleh penghargaan SMIS di bulan September 1982.

Franz berpartisipasi aktif di ORSA dan TIMS, dua organisasi profesi yang kelak berfusi menjadi INFORMS di tahun 1995. 

Franz meninggal mendadak pada tanggal 15 Januari 1982 dengan meninggalkan seorang istri dan tiga putri.

Mengapa Edelman Award dikatakan sebagai Piala Oscar-nya Riset Operasi ?

Seperti halnya pagelaran Piala Oscar, pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan dilakukan dengan gegap gempita. Silahkan melihat cuplikan video saat pagelaran Edelman Award tahun 2008 di sini dan silahkan menilai sendiri.

                                                                                                                                                                            

Sumber:
http://www.thinkor.org/2008/04/edelman-award-oscar-of-or.html
http://www.informs.org/index.php?c=401&kat=Franz+Edelman+Award

3 comments on “Edelman Award – Piala Oscarnya Riset Operasi

  1. Ping-balik: Kereta Api di Indonesia dan Riset Operasi « Riset Operasi

  2. Ping-balik: Riset Operasi dan Dunia Perkeretaan « Riset Operasi

  3. Ping-balik: Portfolio Optimization – Pemenang Edelman Award 2009 « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s