Optimasi Jadwal Kereta – Pemenang Edelman Award 2008

Edelman Award adalah salah satu dari 18 bentuk penghargaan yang diberikan oleh INFORMS untuk mereka yang berkecimpung di dunia Riset Operasi. Kategori penghargaan ini adalah outstanding practice. Untuk tahun 2008 ini, penghargaan bergengsi ini jatuh pada aplikasi yang sejatinya bertema sederhana namun sangat menyangkut hajat hidup orang banyak: optimasi jadwal kereta !

Pemenang Edelman Award 2008

Pemenang Edelman Award 2008 melalui pengoptimalan jadwal kereta di Negeri Belanda (sumber: INFORMS)

Setelah berhasil menyisihkan lima finalis,

  • Kota Stockholm, Swedia: Improving Quality and Efficiency in Home Health Care – 5 peneliti,
  • Federal Aviation Administration: Airspace Flow Programs – 8 peneliti,
  • StatoilHydro: Optimizing the Offshore Pipeline system for Natural Gas in the North Sea – 6 peneliti,
  • US Environmental Protection Agency: Reducing Security Risks in American Drinking Water Systems – 4 peneliti,
  • Xerox: LDP Lean Document Production®: Dramatic Productivity Improvements for the Printing Industry – 8 peneliti,

pihak the Netherlands Railways (PT KA-nya negeri Belanda) berhak menyabet uang senilai $10,000 sebagai hadiah pertama.

Tema praktek penerapan Riset Operasi yang dilakukan oleh the Netherlands Railways adalah The New Dutch Timetable – the OR Revolution, dengan anggota tim peneliti terdiri dari enam orang dari Netherlands Railways dan masing-masing satu orang dari University of Padua, Erasmus University Rotterdam, CWI, dan Safiro Software Solutions BV.

Sebagaimana dikutip dari sini:

By 2006, the volume of traffic on the Dutch passenger railway network had increased significantly to 15.4 billion passenger kilometers, up from 8.0 billion in 1970. More and larger trains had been scheduled without changing the structure of the timetable, thus overloading the system and causing consumer nightmares.

Operations researchers working with Netherlands Railways constructed an improved timetable. As a result, the percentage of trains arriving within 3 minutes of the scheduled time increased from 84.8 % in 2006 to 87.0 % in 2007. Public opinion surveys showed greater commuter satisfaction and the number of passengers grew by 2% in the first six months of 2007 alone.

In 2007, these more efficient schedules and the increased number of passengers resulted in an additional annual profit of 40 million Euros (approximately $60 million). Additional annual profits are expected to grow to 70 million Euros (approximately $105 million) in coming years. A further increase in mass transit is now possible, which would reduce road congestion and pollution from greenhouse gases.

Jadi situasi yang dihadapi sebelumnya hampir mirip situasinya dengan yang dihadapi oleh PT KA (Persero) hingga saat ini, yakni tidak ada perubahan berarti dalam penyusunan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta, meski tingkat pengguna semakin meningkat dari hari ke hari. Sebagai sarana transportasi massal yang relatif terjangkau oleh masyarakat dari pelbagai lapisan, sudah seharusnya pihak pejabat yang terkait mulai memikirkan bagaimana mengoptimasikan jadwal kereta. Dengan demikian, kereta juga dapat menjadi sarana transportasi yang dapat dihandalkan.

Informasi mengenai Edelman Award 2008 ini dapat Anda jumpai dalam artikel di jurnal Interfaces, Volume 39 No 1, Januari-Februari 2009, halaman 2-5. Sementara artikel The New Dutch Timetable – the OR Revolution dapat di download di sana (Econometric Institute Report EI2008-19) atau sini (Interfaces, 39(2):6-17, 2009). Atau Anda dapat kontak kami untuk mendapatkan artikel-artikel tersebut.

3 comments on “Optimasi Jadwal Kereta – Pemenang Edelman Award 2008

  1. Ping-balik: Kereta Api di Indonesia dan Riset Operasi « Riset Operasi

  2. Ping-balik: Riset Operasi dan Dunia Perkeretaan « Riset Operasi

  3. Ping-balik: Portfolio Optimization – Pemenang Edelman Award 2009 « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s