Menuliskan Formulasi Matematika di WordPress.com – Pengantar

Menuliskan sebuah formulasi matematika memang bukan hal yang mudah. Meski tidak semua blogger membutuhkan hal itu, tetap saja kemudahan penulisan formulasi matematika  sangat diharapkan, terutama untuk tulisan ilmiah, misalnya dalam blog ini.

Untuk pengguna wordpress yang tidak menumpang gratis di WordPress.com, sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Banyak fasilitas plug-in yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sayangnya, fasilitas tersebut umumnya menggunakan java script yang, karena alasan keamanan, tidak dapat digunakan di WordPress.com

Lalu bagaimana dengan para pengguna WordPress.com ?

Dengan penuh penasaran, saya coba googling. Syukurlah, ternyata WordPress.com pun telah menyisipkan kode untuk menjawab kebutuhan itu. Karena itu, begitu selesai membaca artikel Math for the Masses, kemudian diteruskan ke LaTeX on WordPress.com FAQ, saya langsung mencoba mempraktikannya baik dalam tulisan maupun dalam komentar (lihat sini). Hasilnya, sungguh memuaskan. Mungkin bila terlihat ada banyak spasi antara, yang mengapit formulasi matematika dengan teks sebelum dan sesudahnya, saya rasa itu tidak terlepas dari themes yang dipilih. Jenis browser kemungkinan juga ikut memberi andil di dalamnya.

Kode yang disisipkan ini ternyata mengacu pada penggunaan \LaTeX, yang memang seakan sudah identik dengan penulisan ilmiah. Syntax yang digunakan sangatlah sederhana, yakni: 

$ latex [kode_latex]&bg=rrggbb&fg=rrggbb&s=Size$,

dimana bg adalah background color, fg adalah foreground color dan s merujuk pada ukuran formula. Color dinyatakan dalam format RGB hexadecimal, masing-masing dua digit untuk komponen R (red), G (green), dan B (blue). Nilainya mulai dari \text{00}_{\text{16}} = 0 hingga \text{ff}_{\text{16}} = 255. Dengan demikian nilai spektrum warnanya mulai dari 000000 (R=0, G=0, B=0) untuk warna hitam hingga ffffff (R=255, G=255, B=255) untuk warna putih.

Sementara ukuran formula berkisar dari -4 hingga 4, dengan nilai bawaan (default value) adalah 0.

\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX
\LaTeX

Selama ada spasi antara tanda ‘$’ dan tulisan ‘latex’ maka syntax dianggap sebagai teks biasa. Tidak akan di-compile.

Well, saya cukupkan pengantar sampai di sini. Pembahasan selanjutnya akan ditulis di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s