Excel Add-on untuk Riset Operasi

MS Excel hingga hari ini masih menjadi bagian dari gaya hidup berkomputer-ria, khususnya dalam melakukan perhitungan secara spreadsheet. Karena harganya, yang dikemas bersama dengan software lainnya dalam paket Microsoft Office, yang tidak murah, meski itu Student version sekalipun, maka sudah selayaknyalah kalau kita mengoptimalkan pemakaian MS Excel, antara lain dengan pemanfaatan Excel add-on untuk menyelesaikan permasalahan optimasi.

Solver adalah add-on bawaan dari MS Excel itu sendiri. Meski demikian, Solver tidak diikutkan pada saat standard installing process. Untuk itu, lihatlah apakah ada pilihan Solver pada menu Tool. Bila belum ada, pilihlah Add ins yang akan membuka kotak dialog berisi beberapa pilihan add-on yang ditawarkan oleh MS Excel. Solver adalah salah satunya. Klik pilihan tersebut, dan lanjutkan dengan klik tombol OK. Sebuah tulisan berseri mengenai bagaimana memanfaatkan Solver ini dalam penyelesaian beberapa kasus optimasi telah dituliskan oleh seorang blogger di sini.

Meski sangat berguna, Solver hanya bekerja baik untuk kasus-kasus linear namun gagal dalam menyelesaikan kasus-kasus non-linear dan kasus-kasus yang melibatkan non-continuous variables, sebagaimana dilaporkan dalam tulisan berjudul Spreadsheet modelling for solving combinatorial problems: The vendor selection problem (in Proceedings of EuSpRIG 2008 Conference “In Pursuit of Spreadsheet Excellence”).

ormm_coverSelain Solver, ada pula add-on Operations Research Models and Methods (OR_MM) yang dikembangkan oleh Paul A. Jensen dan Jonathan F. Bard. Untuk memudahkan, mereka menerbitkan buku berjudul sama yang diterbitkan tahun 2003 oleh John Wiley and Sons. Buku tersebut menjadi runner-up dalam kompetisi Robert W. Hamilton Book Award tahun 2004 yang diselenggarakan oleh University of Texas, USA. Kompetisi diikuti oleh 60 buku yang diusulkan oleh berbagai kalangan universitas. Jensen memenangkan penghargaan INFORMS Prize for the Teaching of ORMS Practice tahun 2007, yang antara lain disebabkan oleh buku tersebut dan keberadaan situsnya di sini.

Add-on lain adalah Didactic Optimization Tool for EXCEL yang dikembangkan oleh Foxes Team dan diletakkan di halaman ini, bersama-sama dengan pelbagai Excel add-on lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa semua add-on ini hanya berlaku untuk versi-versi tertentu dari MS-Excel dan tipe Windows OS-nya. Selain itu, perlu dicermati hasil optimasi yang diperolehnya. Karena, biar bagaimanapun juga, hasil yang diperoleh sangat bergantung pada teknik optimasi yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil yang paling akurat dari sebuah permasalahan optimasi yang kompleks adalah lebih baik mengimplementasikan sendiri algoritma yang kita yakini sebagai yang terbaik untuk kasus yang ada. Apalagi bila itu menyangkut sebuah real-word optimization problem yang penting. Namun bila itu hanya digunakan dalam lingkup pembelajaran, maka add-on sudah cukup memadai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s