OR/MS Softwares

Perkembangan Riset Operasi nampaknya tidak dapat terlepas dari perkembangan yang terjadi di dunia komputer. Fenomena ini ditandai dengan munculnya pelbagai software yang diciptakan khusus untuk mendukung proses penyelesaian sebuah permasalahan optimasi, khususnya untuk kasus-kasus dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.

Sejak tahun 1998, Lionheart Publishing, Inc. melakukan survey sejumlah software yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Hasil survey berupa informasi vendor-supplied diberikan dalam bentuk matriks yang memudahkan melakukan perbandingan cepat di antara komponen-komponenya.

Hasilnya dipublikasikan dalam salah satu majalah terbitannya, OR/MS Today, yang juga adalah majalah dwi bulanan untuk anggota INFORMS.

Sejauh ini sudah ada beberapa kategori software yang di-survey, berikut tanggal publikasinya, yakni:

Sudah barang tentu, terjadi penambahan software-software, yang belum ada pada saat dilakukan survey. Selain itu, ada pula freeware yang masuk dalam survey tersebut.

Kategori-kategori tersebut bakal bertambah dan, sangat mungkin sekali, diperbaharui suatu saat kelak.

Selain itu, NEOS Guide, yang dioperasikan oleh Optimization Technology Center, juga mengelompokkan software-software OR/MS yang ada ke dalam beberapa kategori, yang mengacu pada buku berjudul Optimization Software Guide (Jorge J. Moré dan Stephen J. Wright, SIAM Publications, 1993), sebagaimana dapat dilihat di sini.

Selain itu, di server Plato yang dikelola oleh Hans D. Mittelmann dari Jurusan Matematika dan Statistika, Arizona State University, dapat dijumpai kumpulan modeling languages dan analysis tools yang berkaitan dengan Linear- dan Nonlinear Programming.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s