Sudoku

Sudoku adalah sebuah permainan penempatan angka yang didasarkan pada logika. Begini, dalam keseluruhan 9×9 grid, setiap angka 1-9 harus tepat muncul satu kali untuk setiap baris, setiap kolom, dan setiap blok, yang terdiri dari 3×3 grid yang ditandai dengan garis tebal.

sudoku-soal

Soal

sudoku-solusi

Solusi

Permainannya dimulai dari sebuah persoalan di mana beberapa angka muncul di beberapa kotak. Tugas kita adalah melengkapi kotak-kotak yang masih kosong dengan mengacu pada aturan yang telah disebut di atas. Untuk mudahnya, perhatikan kedua gambar di atas.

Meski kata Sudoku berasal dari bahasa Jepang, yang diterjemahkan bebas sebagai single number, permainan ini aslinya dikembangkan oleh orang Amerika bernama Howard Garns (1905-1989), seorang pensiunan arsitek dan freelance puzzle constructor, dan dipublikasikan di Dell Magazine di tahun 1979 dengan nama Number Place.

Permainan ini sendiri baru masuk Jepang 7 tahun kemudian dengan dipublikasikannya di majalah Nikoli yang khusus untuk games dan, khususnya, logic puzzles, dengan nama Suuji wa dokushin ni kagiru, yang dapat diterjemahkan sebagai the digits must be single (digit harus tunggal) atau the digits are limited to one occurence (digit hanya boleh muncul sekali).

Di kemudian hari, nama permainan ini disingkat menjadi Sudoku oleh Maki Kaji, dengan hanya mengambil komponen-komponen huruf kanji yang pertama. Nama terakhir inilah yang kemudian mendunia sejak tahun 2005. World Sudoku Championship (WSC) yang pertama diadakan di Lucca, Italia, di bulan Maret 2006, kemudian dilanjutkan secara teratur setiap tahun sekali, ikut mempopulerkan permainan Sudoku ini. Untuk tahun 2009, akan diadakan di Zilina, Slovakia, pada tanggal 25-27 April. Siapa yang mau ikut ?

Seiring dengan perjalanan sang waktu, banyak variasi dari Sudoku yang telah dikembangkan, antara lain:

Hypersudoku

Hypersudoku

Jigsaw Sudoku

Jigsaw Sudoku

Greater-Than Sudoku

Greater-Than Sudoku

Killer Sudoku

Killer Sudoku

 

Karena mengandalkan logika berpikir, selain karena permainan ini tergolong NP-complete, maka pelbagai algoritma pun dikembangkan, antara lain dengan metaheuristik optimasi. Teknik yang digunakan adalah stochastics (baca artikel), simulated annealing (baca artikel), genetic algorithms (baca artikel1, artikel2), particle swarm optimization (baca artikel), ant colony optimization (baca artikel), dan tabu search (baca artikel). Meski demikian, permainan ini dapat pula dipandang sebagai suatu permasalahan integer linear programming (baca artikel).

Di samping itu, masih ada satu lagi teknik optimasi yang dapat digunakan, yakni constraint programming (baca artikel). Teknik yang masih tergolong masih baru ini, sama sekali tidak memiliki fungsi tujuan; hanya mengandalkan kendala-kendala semata…

Namun demikian, bila tujuannya adalah untuk mengasah otak, atau ikut WSC, lupakanlah semua algoritma-algoritma tersebut. Tanpa menggunakan algortma apa pun, permainan ini tetaplah mengasyikkan. Dapat digunakan sebagai sarana refreshing bagi otak kita. Beberapa tips & tricks dapat dilihat di sini.

 

 

Sumber: wikipedia

4 comments on “Sudoku

  1. Ping-balik: Ant Colony Optimization « Riset Operasi

  2. Ping-balik: Particle Swarm Optimization « Riset Operasi

  3. Ping-balik: Sudoku dalam edisi tissu WC « Riset Operasi

  4. Ping-balik: Pemrograman Kendala « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s