Kompetisi Pemodelan Optimasi – MOPTA 2010

Pihak penyelenggara konferensi Modeling and Optimization: Theory and Applications – MOPTA, setelah sukses tahun lalu, kembali menyelenggarakan Optimization Modeling Competition atau Kompetisi Pemodelan Optimasi.

Kompetisi yang bekerja sama dengan pihak pengembang software optimasi AIMMS ini mengambil tema tax-aware portfolio optimization. Tim yang beranggotakan maksimal tiga mahasiswa aktif harus mengembangkan sebuah alat untuk mengoptimalkan portfolio regulasi perpajakan yang bermacam-macam. Siahkan klik website ini untuk melihat detail penjelasan. Setiap tim diwajibkan untuk melakukan registrasi agar dapat mengikuti kompetisi dan sekaligus memperoleh software yang dibutuhkan: AIMMS dan solver Gurobi, Mosek, Conopt, AOA, dan solver IPOPT dan CBC milik COIN-OR.

Tahapan Kompetisi

Kompetisi berlangsung dalam tiga tahap. Dalam tahap pertama, setiap tim harus memodelkan permasalahan optimasi menggunakan AIMMS. Selanjutnya solusi lengkap, termasuk:

  • model matematika terperinci yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan,
  • implementasi model denagn menggunakan AIMMS, termasuk graphical user interface,
  • pemilihan solver[-solver] yang tepat dari kumpulan yang terdiri dari Gurobi, Mosek, Conopt, AOA, IPOPT dan CBC, opsi-opsi dan paramater-parameter solver, dan solusi dari permasalahan ¬†optimasi,
  • sebuah laporan (maksimal 15 halaman, huruf berukuran 12pt, spasi tunggal, batas marjin 1 inci) yang menjelaskan model, implementasi dan hasilnya,

dikirim ke tim juri.

Tim-tim terbaik yang dipilih akan mempresentasikan pekerjaan mereka pada sesi khusus di konferensi MOPTA, 18-20 Agustus 2010. Para finalis akan juga memperoleh tambahan permasalahan yang harus digabungkan ke dalam model mereka antara Mei dan waktu konferensi. Akhirnya para finalis akan diurut berdasarkan kombinasi nilai untuk pemodelan, implementasi, laporan, solusi, presentasi lisan, dan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh tim juri seusai presentasi.

Keputusan tim juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Kompetisi Tahun 2009

Kompetisi tahun lalu mengangkat permasalahan transportasi. Bekerja sama dengan ILOG CPLEX (kini IBM ILOG CPLEX), diikuti oleh 30 tim dan menghasilkan tiga finalis: Zuse Institute of Berlin (Germany), Southern Methodist University (Dallas, USA), dan University of Twente (The Netherlands). Pemenangnya adalah yang disebut pertama.

Pemenang Kompetisi 2009

Lengkapnya dapat dilihat di halaman ini.

One comment on “Kompetisi Pemodelan Optimasi – MOPTA 2010

  1. Ping-balik: Pemenang MOPTA 2010 « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s