Beberapa Aplikasi Riset Operasi di Dunia Bisnis

Berikut beberapa contoh aplikasi Riset Operasi (RO) di dunia bisnis, sebagaimana tercantum pada web of the INFORMS Conference on Business Analytics and Operations Research – Applying Science to the Art of Business. Diterjemahkan secara bebas.

Hawlett Packard (HP) menggunakan solusi-solusi RO untuk mengubah manajemen portfolio produknya sehingga mencapai lebih dari $ 500 juta dalam peningkatan laba di beberapa unit usaha.

Warisan dongeng milik Disney (Disney’s legacy of storytelling) diterjemahkan ke dalam model-model simulasi yang membantu perusahaan tersebut menyampaikan pengalaman-pengalaman kelas dunia untuk para tamunya.

Marriott International mengembangkan sistem harga yang dinamis dan real-time untuk para pelanggan berkelompok sehingga meningkatkan pendapatan untuk hotel-hotel setidaknya $ 47 juta per tahun.

Kroger membangun kemampuan riset operasi yang membantu menentukan perbaikan-perbaikan operasi dan inovasi-inovasi pembunuh untuk keseluruhan perusahaan.

Schneider National mempekerjakan simulasi interaktif untuk mengarahkan keputusan-keputusan yang lebih baik.

McDonald’s memperkenalkan solusi analitik untuk mengintegrasikan inovasi dan investasi kembali modal.

DHL menggabungkan RO dan metode statistik dengan konsep-konsep pemasaran dan penelitian konsumen untuk mengembangkan merek yang benar-benar global (truly global brand).

Chevron memperkenalkan teknik-teknik teori permainan untuk melaksanakan keputusan secara lebih efektif dan untuk mengenali kapan strategi-strategi harus diubah atau ditinggalkan.

Intel mengurangi risiko dan membangun hubungan yang saling menguntungkan (win-win relationships) dengan pemasok menggunakan kontrak-kontrak pilihan.

Sloan Kettering Cancer Center merancang pemodelan optimasi dan teknik-teknik komputasional untuk pengobatan kanker prostat yang menawarkan pengobatan lebih aman dan menghemat sekitar $ 459 juta per tahun.

United Parcel Service (UPS) menggunakan RO untuk membantu perencanaan dan penjadwalan operasi udara semalam (overnight air operation) yang memastikan bahwa kiriman diantarkan tepat waktu sekaligus yang mengurangi biaya operasional.

Procter & Gamble (P&G) menerapkan solusi optimasi persediaan multi-eselon yang mencapai level pelayanan hampir 100% sekaligus mengurangi persediaan.

IBM menggunakan analisis dan proses kolaboratif untuk meningkatkan kinerja distributor dalam perluasan rantai pasokannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s