Riset Operasi untuk Demokrasi

Karena masih berutang penjelasan lebih lanjut mengenai topik penerapan Riset Operasi dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden maka saya mencoba mencari dan mengumpulkan artikel-artikel yang menjadi referensi di situ.

Tak sengaja saya menemukan buku berjudul Mathematics and Democracy: Designing Better Voting and Fair-Division Procedures karangan S.J. Brams yang sampul depannya dapat dilihat pada gambar di samping kiri.

Yang menarik rupanya buku ini juga memperlihatkan penerapan Riset Operasi dalam upaya-upaya mewujudkan kehidupan berdemokrasi. Antara lain penerapan integer programming guna meminimasi kesalahan representasi apabila terjadi multi-pemenang.

Selain itu, juga diperlihatkan penerapan optimalitas Pareto, misalnya dalam penentuan kabinet dalam parlemen.

Menarik ! Jika sang waktu mengizinkan, saya akan menuliskannya sedikit lebih rinci kepada Anda.

Sebetulnya masih ada satu lagi buku dengan judul Mathematics and Democracy: Recent Advances in Voting Systems and Collective Choice terbitan Springer. Juga buku dengan tema serupa berjudul Mathematics of Social Choice: Voting, Compensation, and Division terbitan SIAM. Namun karena belum memiliki softcopy nya, saya belum mengetahui apakah buku-buku tersebut juga menampilkan peranan Riset Operasi di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s