Optimasi Kecepatan Kereta – Pengantar

Meski masih banyak tunggakan artikel, namun karena tertarik dengan topik sebuah artikel pada Kompas online (20/11) yang menyatakan kecepatan kereta api akan diturunkan untuk mengurangi kecelakaan, maka artikel ini pun dibuat.

Di artikel tersebut dikatakan bahwa penurunan kecepatan ini “merupakan upaya mengurangi tingkat kecelakaan KA dan merespons meningkatnya laporan adanya lintasan KA yang patah.

Lebih lanjut, Sugeng Priyono, Vice President Corporate Communications PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengatakan:

Saat ini, tim internal PT KAI sedang mengkaji kecepatan maksimum KA karena diindikasikan terjadinya penurunan kondisi trek. Selama pengkajian, V_{\max} (kecepatan maksimum) akan diturunkan.

Namun penurunan batas kecepatan ini berdampak pada waktu tempuh perjalanan KA yang rata-rata akan bertambah 75-80 menit.

Waktu tempuh KA Argo, misalnya, akan bertambah 34 menit. Adapun waktu tempuh KA kelas ekonomi bertambah 100-105 menit, sementara KA kelas eksekutif dan bisnis bertambah 25 menit.

Di sini Sugeng berargumen,

“Penurunan kecepatan maksimum KA akan menimbulkan reaksi dari masyarakat. Namun, PT KAI tidak mau mengambil risiko terhadap keselamatan perjalanan KA dengan kondisi trek saat ini.”

Timbul pertanyaan, apakah tidak mungkin untuk meminimasi penurunan kecepatan kereta sembari juga meminimasi keterlambatan waktu tempuh kerea ?!

Terdorong oleh keinginan untuk menjawab pertanyaan itu, mulailah dilakukan riset kecil-kecilan. Hasilnya, ada beberapa artikel yang melaporkan masalah optimasi kecepatan kereta, diperoleh.

Akan saya coba tuliskan dalam posting berikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s