Optimasi di Garuda ?

Sumber: Kompas dot com

Menurut artikel di Kompas online (22/11/2010), sejumlah penerbangan Garuda Indonesia Airways (GIA) mengalami gangguan berupa penundaan dan/atau pembatalan. Hali ini disebabkan karena GIA berupaya menerapkan sistem kendali operasi terpadu (integrated operasional control system – IOCS), menggantikan sistem lama yang terpisah dan berdiri sendiri.

IOCS ini mengintegrasikan secara terpadu sistem untuk memantau pergerakan pesawat, awak kabin, dan penjadwalan.

Garuda mengoperasikan 81 pesawat, dengan penerbang 580, dan awak kabin. Setiap minggu ada dua ribu penerbangan,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia, Pujobroto.

Sebagaimana diberitakan dalam artikel yang lain, masih dalam hari yang sama, ICOS ini, menurut Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar, diterapkan terkait dengan rencana untuk masuk dalam aliansi penerbangan dunia, Global Alliance SkyTeam. Untuk itu, sistem penerbangan Garuda harus terkoneksi dengan sistem seluruh anggota Global Alliance SkyTeam, yang saat ini beranggotakan 13 maskapai di seluruh dunia, seperti KLM, Air France, Korea Airlines, Delta Airlines, Aeroflot, Aero Mexico, dan Chinna Southern.

Meski sudah diuji coba berkali-kali, tetapi pada hari Minggu (21/11/2010), pelaksanaan sistem tersebut bermasalah.

Walaupun sudah disiapkan dengan baik, tetapi karena menyangkut banyak data yang kompleks, dalam proses transisi ini ada data yang tidak sinkron dan mengakibatkan informasi yang diterima awak kabin tidak akurat, jelas Pujobroto.

Terlepas dari permasalahan teknis database itu, menarik dicermati bahwa IOCS yang coba digunakan oleh GIA ini memiliki kemampuan untuk memantau pergerakan pesawat, awak kabin, dan penjadwalan.

Ketiga hal tersebut, yakni pergerakan pesawat, awak kabin, dan penjadwalan, telah lama menjadi subyek penelitian untuk dioptimasi oleh para ahli Riset Operasi.

Karena besar kemungkinan GIA hanya mampu membeli IOCS ini, maka besar kemungkinan pula teknik-teknik optimasi telah ada di dalamnya. Namun alangkah indahnya, apabila GIA membuka kesempatan riset bagi anak-anak negeri daripada sekedar membeli barang jadi.

3 comments on “Optimasi di Garuda ?

  1. Sepakat. pertama kali mendengar berita ini saya langsung kepikiran masalah penjadwalan di teori graf dan networking di RO :)oh iya,could you please post more details about IOCS? Thanks

  2. Ping-balik: IOCS di Garuda « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s