Diet Problem – Permasalahan Diet

Diet problem atau dialihbahasakan sebagai “permasalahan diet” merupakan salah satu dari persoalan-persoalan awal optimasi yang dipelajari pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Permasalahan ini awalnya dimotivasi oleh kebutuhan pasukan tentara untuk memenuhi tuntutan nutrisi di medan perang sembari meminimalkan biaya.

Diterjemahkan dari artikel ini.

Salah satu peneliti pertama yang mempelajari persoalan ini adalah George Stigler. Dia membuat perkiraan ilmiah mengenai solusi optimal pada program linier dengan menggunakan sebuah metode heuristik. Perkiraannya untuk biaya diet optimal adalah $39,93 per year (harga tahun 1939).

Pada musim semi 1947, Jack Laderman dari Mathematical Tables Project dari Badan Standar Nasional (National Bureau of Standards) menyelesaikan modelnya Stigler ini dengan metode simpleks baru. Hal itu merupakan komputasi “large scale” pertama dalam optimasi. Program liniernya terdiri dari sembilan persamaan dengan 77 peubah (variable). Melibatkan sembilan panitera dengan kalkulator meja yang diperasikan dengan tangan selama 120 man days [= sebuah unit satuan industri dari produksi yang sama dengan kerja yang dapat dihasilkan oleh satu orang dalam sehari.] untuk menemukan solusi optimal seharga $39,69.

Hal ini berarti hanya terjadi penghematan 24 sen dari perkiraan Stigler 8 tahun sebelumnya.

One comment on “Diet Problem – Permasalahan Diet

  1. Ping-balik: Karena Tidak Kenal Riset Operasi, Sheriff pun Dipenjara « Riset Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s