Tentang Riset Operasi

Perbaharuan 14 Nov 2010: Ada tambahan informasi di bagian bawah.

Istilah

Istilah Riset Operasi (Operations Research – OR) seringkali diartikan serupa dengan sains manajemen (Management Science – MS). Namun sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya. Menurut wikipedia:

When a distinction is drawn, management science generally implies a closer relationship to the problems of business management. Operations research (OR) closely relates to industrial engineering. Industrial engineering takes more of an engineering point of view, and industrial engineers typically consider OR techniques to be a major part of their tool set.

Jadi sederhananya, sesuai dengan namanya, MS lebih merujuk ke sisi ekonominya, sementara OR ke sisi teknisnya. Namun demikian, OR ini sebenarnya adalah cabang multi-disiplin dari matematika terapan yang menggunakan, antara lain, pemodelan matematika, statistika dan algoritma untuk memperoleh hasil yang optimal dari sebuah permasalahan nyata. Hasil yang optimal dapat berarti memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan kerugian secara tersendiri atau bersamaan.

Sejarah

Charles BabbageSampai sekarang, belum ada kesepakatan, siapa sebenarnya pelopor dari OR/MS ini. Namun demikian, ada yang menganggap Charles Babbage (1791-1871), seorang matematikawan Inggris, sebagai “bapak OR” karena penelitiannya mengenai biaya transportasi dan penyortiran surat-surat di Penny Post, Inggris, tahun 1840.

Namun demikian, istilah OR, atau yang dialihbahasakan menjadi Riset Operasi (istilah inilah yang akan digunakan dalam tulisan-tulisan berikutnya di blog ini), Operasi Riset, Penelitian Operasi, Operasi Penelitian, atau yang sejenisnya, baru muncul seabad kemudian. Sama seperti siapa pelopor OR, pemakaian pertama kali istilah OR dan siapa yang memulainya, juga belum ada kesepakatan. Ada yang mengatakan, istilah OR pertama kali digunakan oleh Joseph McClosky dan Florence N. Trefethen di suatu kota kecil di Inggris di tahun 1940. Namun ada pula yang mengatakan, bahwa istilah tersebut sudah dipergunakan dua tahun sebelumnya oleh para ilmuwan Inggris yang diikutsertakan dalam Perang Dunia II untuk menganalisis pelbagai situasi militer dan pergerakan senjata yang ada.

Entah mana yang benar, namun yang jelas, OR pertama kali hadir dalam konteks militer, misalnya untuk mengoptimalkan solusi menyangkut masalah logistik dan jadwal latihan para tentara, maupun dalam proses evaluasi radar sebagai alat bantu pertahanan udara. Yang kemudian menarik di sini, sukses penerapan OR di pelbagai bagian dari tentara kerajaan Inggris, diikuti pula oleh bagian-bagian yang serupa milik USA dan Eropa.

Seusai perang, dimulailah masa keemasan (the golden age) OR, mulai tahun 1945 hingga pertengahan tahun 1970-an, saat di mana metodologi-metodologi baru, yang berkembang sangat pesat, banyak diterapkan di dalam industri-industri nasional. pemerintahan sipil dan sektor jasa. Buku-buku OR yang terbit pada masa keemasan itu antara lain Operations Research for Management volume I (1954) dan volume II (1956), di mana McClosky, masing-masing, bersama dengan Trefethen dan Cappinger bertindak sebagai editor.

Sementara ide mengenai wadah organisasi OR sendiri baru tercetus saat jamuan makan malam tidak resmi di Athenaeum Club, Inggris, di musim gugur 1947, dan resmi berdiri di bulan April 1948 dengan nama Operational Research Club. Klub ini di kemudian hari berubah menjadi Operational Research Society (ORS). Meski begitu, ORS tidaklah dapat di-claim sebagai organisasi profesi RO pertama di dunia karena ROADEF Perancis telah berdiri sejak tahun 1901. Lengkapnya, silahkan baca di sini.

Hingga hari ini, sudah tercatat ada 49 negara di dunia yang memiliki organisasi profesi OR tingkat nasional di negaranya masing-masing, dengan empat organisasi payung regional dan satu federasi internasional. Untuk melihat nama-nama dan link ke alamat web resminya, silahkan berkunjung ke sini.

Prof. Saul I. Gass

Tambahan 18 Januari 2010: Beberapa pihak telah mencoba menyusun kronologis [ie. timeline] pertumbuhan dan perkembangan ilmu Riset Operasi, antara lain Prof. Saul I. Gass, mantan Presiden ORSA, Operations Research Society of America. ORSA sendiri telah merger dengan TIMS di tahun 1995 yang membentuk INFORMS.

Beberapa kronologis dari buku sang profesor yang berjudul “An Annotated Timeline of Operations Research” itu dapat dilihat di sini. Prof. Gass sendiri menyatakan dalam bukunya:

… some items and dates may be incorrectly stated, some items may be missing, and the inclusion of some items may be debatable.

Tambahan 14 November 2010: Buku tersebut dibahas sedikit di sini.

Kronologis yang kurang lebih sama, namun ada sedikit perbedaan waktu terjadinya, terutama di bagian-bagian awal sebelum Perang Dunia II, terdapat di sini.

Catatan

Dilihat dari sejarahnya, jelaslah sudah bahwa OR memiliki keunikan bila dibandingkan dengan disiplin ilmu pada umumnya. OR berangkat bukan dari teori kemudian diaplikasikan, melainkan dari aplikasi yang kemudian diteorikan. OR juga tidak bisa di-claim sebagai cabang dari ilmu tertentu, melainkan merupakan suatu bidang ilmu yang multi-disiplin. Namun demikian, tidaklah salah bila mengatakan bahwa OR merupakan cabang multi-disiplin dari matematika terapan, karena inti dari OR adalah, antara lain, pemodelan matematika dan penerapan algoritma-algoritma untuk mengoptimalkan solusi yang ingin diperoleh dari sebuah permasalahan nyata.

Sumber : dari pelbagai sumber.

Catatan Penting : Artikel ini akan terus di-update seiring dengan bertambahnya sumber informasi yang diperoleh. Karena itu, silahkan untuk sesering mungkin berkunjung kemari.

11 comments on “Tentang Riset Operasi

  1. Makasi buat ilmunya,
    kalo bisa ditambah lagi tentang aplikasi-aplikasi yang menggunakan OR ini,
    kalo punya tolong kirim ke e-mail saya, thanks b4

  2. @trisna,

    Sama-sama. Senang rasanya bila tulisan yang ada dirasa berguna bagi Anda.
    Permintaan akan dipenuhi, hanya mohon kesabaran yang amat sangat karena waktu adalah kendala utama terbesar dalam pengembangan blog ini.

    Bila Anda bersedia, silahkan bergabung dengan grup diskusi OR-Opt dengan cukup klik menu di sebelah kanan paling bawah. Di situ kita bisa bebas berdiskusi apa saja mengenai Riset Operasi.

    Semoga bermanfaat.

  3. kalau boleh nambah se. aplikasi apa yg telah ada di bidang industri di INDO yang telah menggunakan dan dikembangkan(OR)
    selumnya trims

  4. kira-kira buku-buku tentang operational research yang paling bagus, lengkap, dan banyak contoh dan penjelasan tentang metode-metode yang dipelajarinya, dan teks nya bahasa indonesia apa saja ya?? aku lagi nyari-nyari, tapi nggak tau yang mana, siapa pengarangnya, apa penerbitnya..
    mohon bantuannya..
    untuk tugas kuliah ne..
    makasi sebelumnya.. =D

  5. Terima kasih atas pertanyaannya. Sejauh pengamatan, belum ada buku seperti yang Anda inginkan itu. Saat ini kami sedang menyusun buku yang berisi beberapa teknik metaheuristik. Buku tersebut tidak menyinggung teknik2 konvensional Riset Operasi.

    Karena itu, bila ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan. Nanti akan coba kami jawab dalam bentuk artikel di blog ini. Bagaimana ?

  6. Seneng banget nemu situs ini thanks for sharing, Saya sangat tertarik dengan riset operasi, dan ingin memperdalam ilmu ini, kebetulan S1 saya matematikan bidang minat Riset operasi, kalau boleh tau ada tidak S2 jurusan Riset Operasi di Indonesia??syukur-syukur ada beasiswanya juga. thanks before🙂

  7. Sejauh yang kami ketahui, satu2nya universitas di Indonesia yang mengadakan program S2 Riset Operasi adalah Universitas Sumatera Utara. Ada seorang guru besar Riset Operasi di sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s